Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Bersama Satu Hati Sikapi Permendagri 60 Tahun 2019.
Berita Dan Informasi | Rabu, 26 Februari 2020 - 12:21 | Dibaca 511 kali

Pemerintah Desa dan perwakilan masyarakat Kao Teluk melakukan pertemuan dengan Bupati dan DPRD, untuk memyikapi Permendagri 60 tahun 2019.

Pertemuan tersebut berlangsung di ruang rapat bupati lantai 2 kantor Bupati Halut (24/2). Bupati Ir Frans Manery yang di dampingi ketua DPRD Julius Dagilaha,SH dan Sekretaris Daerah Fredy Tjandua, SPt.M.Si Serta annggota DPRD Dapil III (kao, Malifut dan Kao Teluk) menerima perwakilan masyarakat Kao Teluk yang berjumlah 50 oramg itu.
 
Dalam pertemuan tersebut, membicarakan langkah ke depan yang akan diambil. Selain itu masukan tentang peningkatan pelayanan baik itu pelayanan Pemerintahan , Kesehatan dan Pendidikan. Di wilayah kecamatan Kao Teluk.
 
Kepala Desa Bonane igo, Ayub P Musa menyatakan dengan tegas agar ada tindakan tegas Pemda Halut agar Pemda Halbar di tidak melakukan pelayanan di wilayah Halut. Karena menurut aturan 6 desa ada di wilayah hukum Halut.
 
Keluarnya permem 60 tahun 2019 sangat bertentangan. Dengan peraturan dan UU yang sudah ada sebelumnya.
 
Dari masukan- masukan yang dikemukakan diperoleh kesepakatan untuk melakukan langkah hukum uji materil ke MA. Tentang substansi titik koordinat batas Halut dan Halbar. Membetuk tim penyelesaian tapal batas yang terdiri dari pemerintah, DPRD dan masyarakat. Serta menyurati Presiden tembusan Kemendagri tentang permasalahan Permendagri 60 tahun 2019.
 
Untuk diketahui, dalam PP no 42 tahun 1999, 6 desa tersebut masuk dalam kecamatan Malifut. Selanjutnya UU no 1 tahun 2003. Kecamatan Malifut masuk ke wilayah kabupaten Halmahera Utara setelah dimekarkan menjadi Kabupaten.
 
 Namun sangat disayangkan dalam Permendagri 60 tahun 2019 memuat titik koordinat tidak mengacu pada Peraturan dan UU yang telah ada terlebih dulu. Dan inilah yang menjadi alasan Pemda Halut untuk melakukan uji materil Permendagri tersebut. (humas)
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara
Jl. Kawasan Pemerintahan No.1A Tobelo