Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Publikasi
Galery Foto & Video
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
BPBD dan Pelatihan jitu Pasna
Berita Dan Informasi | Kamis, 13 September 2018 - 13:36 | Dibaca 93 kali

    Dalam rangka menyediakan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan Pelatihan kajian kebutuhan pasca bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara mengadakan pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna),

Kamis (13/9) bertempat di Gedung Pertemuan Gereja Betlehem Desa Wosia, pelatihan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 13 - 14 September 2018

 
    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Halmahera Utara Abner Manery dalam sambutannya mengatakan,  Kegiatan ini bertujuan untuk mlenambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan kajian kebutuhan pasca bencana di lokasi bencana, Karena ketangguhan tidak hanya dibutuhkan pada saat terjadi bencana, tapi juga penanganan yang tepat dan pemulihan pasca bencana.
 
“ Jitu Pasna merupakan bagian penting dari tahapan penanggulangan bencana terutama pada fase status siaga darurat ke pemulihan. Setelah kejadian bencana maka dilakukan upaya untuk menghitung kerusakan dan kerugian. Juga dilakukan penghitungan terhadap gangguan akses dan fungsi serta meningkatnya risiko yang terjadi.” Ujarnya
 
    OSementara Itu Bupati Halmahera Utara yang di Wakili Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Kemasyarakatan Joice Betsy Mahura dalam sambutannya mengatakan, Tujuan dari pelatihan ini tentunya  peserta mampu Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan bagi dalam proses penanggulangan bencana maupun Pasca bencana di daerah.
 
Selain itu harus memiliki kemampuan analis dalam tugasnya, sigap dan dapat di andalkan sebagai petugas BPBD dalam menghadapi serta mengambil suatu keputusan di saat terjadi bencana maupun pasca bencana, " tentunya sangat di harapkan kemudian dalam penanganan penanggulan bencana maupun pasca bencana dapat tertangani dengan baik,  terarah dan terpadu". Tutupnya. 
 
Kegiatan Pelatihan Kajian Kebutuhan Pasca Bencana yang di gelar BPBD Kab Halut selama 2 Hari tersebut nantinya akan membentuk satu Tim Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) Kabupaten Halmahera Utara yang nanti nya akan bertugas sebagi Tim pengkajian Dalam proses penglanggulangan Bencana atau Pasca Bencana di Daerah. 
 
Kegiatan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang SDM, Pendidikan dan Kemasyarakatan Kab. Halut , Perwakilan BPBD Provinsi Maluku Utara, Kepala BPBD Kabupaten Halmahera Utara , Perwakilan Kapolres , Perwakilan Dandim 1508 Tobelo, serta  50 peserta pelatihan  dari perwakilan SKPD dan Kecamatan. 
 
Materi yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan Kajian Kebutuhan Pasca bencana Tahun 2018 antara lain :
Meteorologi Kajian Kebutuhan Pasca Bencana oleh BPBD Provinsi Maluku Utara,  Gamal Hadi
Pengantar Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca bencana oleh BPBD Kabupaten Halmahera Utara, Hentje Hetaria,  S.Hut(uta) 
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara