Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Publikasi
Galery Foto & Video
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
Pencanangan Penanaman Bibit Pala
Berita Dan Informasi | Senin, 01 Oktober 2018 - 08:52 | Dibaca 86 kali

Kabupaten Halamahera Utara merupakan salah satu daerah penghasil pala di Provinsi Maluku Utara . Pengembangan komoditas pala di daerah ini cukup menjanjikan. Bahkan pala sendiri sudah sangat familiar dengan kehidupan masyarakat lokal di Halut.

Guna meningkatkan produksinya, Pemkab Halut melalui Dinas  Pertanian Kab Halut mengagas program Pencanangan Penanaman serta pengembangan Tanaman Pala yang dilaksanakan di desa Sukamaju kecamatan kao barat.

Bupati Halmahera Utara Ir Frans Manery (1/10) melaksanakan pencanangan penanaman 7500 Bibit Pala yang di Berikan kepada 3 Kelompok Tani yang tergabung dalam kelompok Tani Anugrah. Sebagai tanda mengawali kegiatan ini bupati pelakukan penanaman bibit pala oleh Bupati Halut bersama Kepala Dinas Pertanian Kab.Halut, didampingi Ketua Kelompok Tani Anugrah, Camat Tobelo Barat, Kades Sukamaju serta para pejabat pimpinan OPD Lingkup Pemda Halut.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak masyarakat  penerima bantuan bibit pala agar memaksimalkan penanaman pala untuk kesejahteraan hidupnya kedepan. Pala  adalah komoditas pertanian tahunan yang menjanjikan, diharapkan tekun dan sabar. Disarankan agar penanaman dilakukan secara bertahap untuk mencapai hasil yang maksimal serta menanam tanaman beragam seperti cengkih dan Kelapa untuk menambah pendapatan.

            Kepala Dinas Pertanian Kab Halut, Daud M. Si dalam laporannya menjelaskan, pencanangan Penanaman Pala ini merupakan program Dinas Pertanian Halut dengan biaya pengembangan yang dibebankan melalui APBD Tahap II Tahun 2018.

"Sebanyak 100.000 (Seratus Ribu) Tanaman Pala berlebel akan di serahkan kepada 40 Kelompok Tani yang tersebar di 13 Kecamatan Di Kab. Halut,  Untuk Anggran APBD Tahap II ini kami memulainya dikecamatan Tobelo barat dengan 7500 Bibit pala yang kami serahkan ke 3 Kelompok Tani yang ada di Kecamatan ini," Jelasnya. (gus/alle) 

Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara