Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang 1 Tahun Sidang 2019/2020.
Berita Dan Informasi | Jumat, 28 Februari 2020 - 07:33 | Dibaca 104 kali

 Bertempat  di ruang Rapat Paripurna DPRD Kab.Halmahera Utara (28/2), Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang 1 Tahun Sidang 2019/2020. Dibuka oleh Ketua DPRD Halut Julius Dagilaha.

 
Dalam masa Persidangan pertama Tahun Sidang 2019/2020, DPRD Halut telah melaksanakan sejumlah agenda kerja yang telah ditetapkan, yakni Rapat Paripurna, Rapat Badan Musyawarah, Rapat Badan Anggaran, Rapat Kerja Komisi dengan mitranya, Rapat dengar Pendapat bersama Elemen Masyarakat, Rapat Konsultasi Pimpinan dan Anggota DPRD, dan rapat-rapat lainnya serta kunjungan kerja dalam daerah maupun Rapat Koordinasi dan Konsultasi ke luar daerah.
 
Dari sejumlah rapat yang telah dilaksanakan di DPRD, dapat disimpulkan ada beberapa hal yang perlu diseriusi bersama yaitu persoalan dana transfer dari pemerintah pusat ke Pemda khususnya Dana Intensif Daerah (DID), Dana Bagi Hasil (DBH) PNBP berupa royalty dari sektor pertambangan yang tidak sesuai dengan estimasi pendapatan daerah.
 
Selanjutnya, Julius juga menyinggung terkait pembangunan jalan Galela-Loloda dengan sistem Multi Years yang perlu mendapatkan perhatian khususnya OPD terkait, mengingat 2020 adalah tahun terakhir penyelesaian pekerjaan jalan tersebut.
Disamping itu persoalan yang saat ini menjadi sorotan publik terkait tapal batas antra Kab.Halut dan Kab.Halbar yang sampai saat ini masih menjadi polemik.  Pasca dikeluarkannya Permendagri Nomor 60 Tahun 2019 yang telah menimbulkan kontroversi  di tengah masyarakat, sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah.
 
Julius berharap persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik. Dan DPRD mendukung jika harus menyelesaikan menggunakan jalur hukum atau proses pudicial review ke Mahkamah Agung.
 
Secara formal DPRD Kab.Halut menutup sidang I dan memasuki masa reses pertama selama 6 hari kerja terhitung Tanggal 2 s.d 9 Maret 2020, Julius berharap seluruh anggota DPRD.Kab Halut dapat menggunakan masa resesi dengan sebaik-baiknya karena mengingat hasil reses akan menjadi muatan dalam penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD yang akan disampaikan Ke Pemda dalam penyusunan program kegiatan di tahun-tahun yang akan datang.
 
Hadir dalam rapat tersebut, Sekda, unsur Forkompinda, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, dan Pimpinan OPD Kab.Halut. (humas)
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara
Jl. Kawasan Pemerintahan No.1A Tobelo