Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Publikasi
Galery Foto & Video
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
PHOTO
SosialisasiPelaksanaan Penugasan Survei Pendahuluan Eksplorasi (PSPE) Panas Bumi di Gunung Hamiding Halmahera Utara
Berita Dan Informasi | Rabu, 12 September 2018 - 03:42 | Dibaca 118 kali

 “Sosialisasi Pelaksanaan Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (PSPE) Panas Bumi di Gunung Hamiding Halut” oleh Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI dan PT star Energy Geothermal Indonesia ( SEGI), di Ruang Meeting Bupati,lantai II kantor Bupati Halmahera Utara (06/09) dibuka oleh Sekda.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya terobosan percepatan pengembangan Panas Bumi di Indonesia yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2014 tentang Panas Bumi dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2017 tentang Panas Bumi untuk Pemanfaatan Tidak Langsung. Kegiatan PSPE ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pencapaian target pengembangan panas bumi sebesar 7,2 GW pada tahun 2025.

Dalam sambutanya, Sekda menjelaskan, Sejak Tahun 2014 , PT. SEGI sudah melaksanakan survey di Halmahera Utara, namun terhenti karena perubahan regulasi sehingga baru kembali di laksanakan tahun 2018 ini.  Pemerintah daerah berharap pihak PSPE  dapat memenuhi persyaratan sesuai regulasi yang ada.

                Kepala seksi Wilayah program panas Bumi, kementrian ESDM Andik Susmanto dalam pengarahannya menjelaskan, Ada  5 (lima) PSPE yang telah di tetapkan kepada Badan Usaha Pelaksana Penugasan Survei Pendahuluan yang Wilayah Penugasannya telah ditetapkan menjadi Wilayah Kerja Panas Bumi oleh Kementrian ESDM .

"Kelima wilayah tersebut yaitu Simbolon Samosir (Provinsi Sumatera Utara), Graho Nyabu (Provinsi Jambi dan Bengkulu), Tanjung Sakti (Sumatera Selatan dan Bengkulu), Sekincau Selatan (Provinsi Lampung) dan Gunung Hamidin (Kabupaten Halmahera Utara) ," ungkapnya.

Menteri ESDM dalam SK Menteri ESDM nomor 1869 K/30/MEM/ 2018 telah menunjukan PT. SEGI untuk melaksanakan kegiatan PSPE di Prospek panas bumi Gunung Hamiding pada tangggal 21 Juni 2018 . Dan pada tanggal 20 Juli 2018 PT.SEGI telah Menyampaikan Rencana Anggaran dan Biaya (RKAB) di Gunung Hamiding kepada Menteri ESDM.

Tujuan PSPE Gunung Hamiding Halmahera Utara adalah Membuktikan Minimal kelas cadangan terduga (Sesuai dengan SNI) dan menyampaikan laporan studi kelayakan secara teknis-ekonomi dengan melakukan satu pemboran eksploras.(gus/alle)

Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara