Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
BAPPEDA GELAR BIMTEK
Berita Dan Informasi | Selasa, 21 Februari 2017 - 05:00 | Dibaca 481 kali
 
  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan  Rencana Kerja (Renja) SKPD serta Akuntabilitas Kinerja Utama. Bimtek yang berlangsung hingga, selasa (21/02) itu dibuka oleh Wakil Bupati Halmahera Utara Muclis Tapi Tapi di aula Bappeda di kompleks pemerintahan Kabupaten Halmahera Utara  Senin (21/02) Kepala Bappeda dr.Devie Catrintje Bitjoli. M.SI dalam sambutannya mengatakan Bimtek tersebut merupakan rangkaian dari proses perencanaan dan pelaporan SKPD dan Kecamatan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014  tentang pemerintah daerah.
 
  Untuk itu dokumen Renja tersebut akan dipakai sebagai dasar penyusunan Renja dimasing-masing unit SKPD dan Kecamatan, selama setahun beranggaran. Pihaknya mengakui masih banyak unit SKPD dan Kecamatan yang pelaporannya dinilai tidak berkualitas. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi ada beberapa dinas hanya memasukan format RKT (Rencana Kerja Tahunan) dan tanpa ada dokumen yang menjelaskan mengenai evaluasi dan indukator lain yang harus di laksanakan di tahun berjalan.
 
  "Tujuan Bimtek ini dimaksudkan agar peserta dapat mengetahui bagaiamana cara dan prosedur penyusunan Renja, Penetapan Kinerja (Tapkin), ujar Devie Didalam laporannya. Peserta Bimtek terdiri dari seluruh SKPD Lingkungan Pemkab Halmahera Utara yang terdiri dari perwakilan pejabat struktural/staf dari masing-masing Badan, Dinas, Kantor, Bagian Setkab, Sektretariat Dewan serta dari Kecamatan  yang menangani bidang perencanaan dan pelaporan.
 
  Sedangkan Narasumbernya dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Bpk. Antja Djuarsa serta Kementrian Dalam Negeri. Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara Muchlis TapiTapi saat membuka acara itu mengatakan,implementasi dari kegiatan ini untuk ke depan dapat memperkuat kemampuan aparatur dalam bekerja dengan baik dan bersih,dalam memfasilitasi perkembangan kepentingan pembangunan di Halmahera Utara.
 
 Lebih lanjut Muchlis menekankan pentingnya dokumen-dokumen perencanaan dan pelaporan.Kepada seluruh SKPD diwajibkan untuk memiliki dokumen seperti Renstra, Renja, Penetapan Kinerja dan Laporan Kinerja yang memiliki sinergitas dengan dokumen "Untuk itu manfaatkan acara ini sebaik-sehingga nantinya masing-masing SKPD dapat melakukan kewajiban dan tanggungjawabnya dalam penyusunan dokumen perencanaan dan pelaporan," harapnya kepada peserta Bimtek. Pembekaan bimtek ini ditandai dengan pemukulan dolo-dolo oleh Wakil Bupati Halmahera Utara Muchlis Tapi Tapi.(cominfo) 
 
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara