Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Minimnya Pengetahuan Masyarakat akan Penggunaan Obat, Dinkes Gelar Gema Cermat Masyarakat
Berita Dan Informasi | Kamis, 28 September 2017 - 04:33 | Dibaca 60 kali

   Minimnya masyarakat akan pengetahuan dalam penggunaan  obat secara baik dan benar, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara bersama Dinas Kesahatan kabupaten Halmahera Utara lakukan langkah peduli dengan melakukan sosialisai Gelar Masyarakat (Gema) Cermat Pada Masyarakat. 

   Kegiatan sosialisai Gerakan Masyarakat Cerdas Dalam Menggunakan Obat  yang di langsungkan di Grand Land Hotel, Kamis 28/9, dihadiri oleh bupati Halmahera Utara, Ir. Frans Manery, Kadis Kesehatan Provinsi,  dr. Idhar Sidi Umar, Kadis Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara, Muhammad Tapitapi M.Kes, Apoteker dan para kader kesehatan dari masing-masing desa di kabupaten Halut. Dalam gerakan sosialisasi ini, Bupati Halmahera Utara, Ir. Frans Manery dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada dinas kesehatan provinsi maupun kabupaten. Selanjutnya dia berharap agar kegiatan ini terus berlanjut, bahkan kepada para kader kesehatan untuk terus berkaderisasi dalam keluarga hingga masyarakat luas.
 
   Sehingga masyarakat umum tau secara baik dan benar dalam menggunakan obat dan resikionya, jika mengkonsumsi tidak secara tepat dan benar, yang pada akhirnya over dosis bahkan berujung pada kematian, cemasnya. usai sambutan Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Maneri menyamatkan Pin Apoteker agent of change kepada perwakilan apoteker Halmahera Utara, serta pemberian penghargaan kepada Dinas Kesehatan Propinsi dan Kabupaten Halmahera Utara.
Sementara itu, dr. Idhar Sidi Umar kepada awak media mengatakan, banyak masyarakat, ketika sakit lebih memilih untuk beli obat sendiri di apotek yang kemudian menggunakan obat sesuai anjuran sendiri tanpa resep dokter, ataupun bertanya ke apoteker, ini yang harus di cegah. Nah, melaui gerakan ini tentu sebagai pendukung program gerakan masyarakat hidup sehat, dengan tujuan agar masyarakat mengetahui bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan hingga membuang obat dengan benar. Karena obat tidak bisa digunakan dengan seenaknya saja pengunaan obat secara tepat dan benar, yang tentu sesuai dengan komposisi, indikasi, dosis dan cara pakai, efek samping, kontra indikasi serta tanggal kadaluarsanya. Selama ini masih banyak masyarakat yang belum menyadari jika penggunaan obat yang tidak benar, sangat berbahaya, karena akan merusak diri,
   Lebih lanjut, dia menyarankan agar masyarakat ketika mengalami gangguan kesehatan hendaknya diperiksa ke dokter, agar tau persis penyakitnya, dan mendapat resep dari dokter, sehingga didalam penggunaan obatnya dapat digunakan secara baik dan benar, harapnya.(tim_discom)
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara