Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Pemda Halut Gelar Rapat pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis -RDTR Kao
Berita Dan Informasi | Kamis, 07 Desember 2017 - 11:38 | Dibaca 22 kali

 

Halut- Untuk mengevaluasi pengaruh lingkungan hidup dari, dan menjamin diintegrasikannya prinsip-prinsip berkelanjutan dalam pengambilan keputusan yang bersifat strategis".

Pemaparan tersebut di kemukakan kepala Dinas Lingkungan Hidup ,M.Roke Saway, S. IKom, melalui sambutannya , pada pembukaan Rapat Pembahasan Laporan Akhir KLHS  bersama lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Khairun Ternate,  di ruang meeting Sekertaris Daerah (SEKDA) Kantor Bupati Halmahera Utara ,Kamis (7/12).

Dikemukakan juga bahwa sesuai amanat yang secara eksplisit tercantum di undang-undang 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut, Penyusunan  Rencana Detail Tata Ruang (RDTR )wajib disertai dokumen KLHS. Oleh karena itu RDTR kecamatan Kao, kec, Kao utara, kec, Kao barat, kec, Malifut dan Kec, Kao teluk yang dilaksanakan pada tahun 2017 juga wajib melakukan KLHS sesuai mandat Undang-undang dan ketentuan lainnya.

M. Roke juga menambahkan, KLHS pada 5 kecamatan tersebut bertujuan memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan ,serta menyiapkan alternatif penyempurnaan kebijakan, rencana dan program agar dampak negatif terhadap lingkungan dapat diminimalkan, "Hasil kajian dari program-program ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk pelaksanaan program pembangunan jangka menengah di daerah ini,"Tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama juga Sekertaris Daerah (Sekda) kab. Halut mengatakan, Program KLHS menjadi prioritas dalam menunjang kinerja ditahun 2018 serta sebagai rangkaian analisis yang sistematis,menyeluruh,dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan kebijakan,rencana dan program, "saat ini pembanguan daerah melalui penyusunan RDTR Masih dalam fokus di 5 kecamatan Kao.

Menurutnya selama ini  pembangunan tidak terfokus pada perencanaan " jadi yang terjadi sekarang pembangunan dulu baru perencanaan". LKHS merupakan syarat mutlak suatu daerah dalam beranggaran. 

Fredy berharap, para peserta rapat pembahasan laoran akhir KLHS ini, agar dapat berpartisipasi secara aktif sehingga hasil penyusunan tersebut sesuai harapan kita bersama"marilah duduk bersama dalam merumuskan dan merencanakan hal ini sehingga dapat menajdi sebuah perencanaan baik untuk 5 tahun kedepan yang lebih maksimal,"Harapnya.(diskominfo)

Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara