Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Gelar Upacara peringati Hari kesaktian pancasila
Berita Dan Informasi | Selasa, 03 Oktober 2017 - 16:41 | Dibaca 78 kali

     Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara, Senin (2/10/2017), menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan tema "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur" di lapangan apel Kantor bupati halut, Jalan Kawasan Pemerintahan, Desa MKCM, Kecamatan Tobelo, Halut. 

     Bertindak selaku komamdan upacara, Djidon Bahabu pegawai pamong praja halut, sementara inspektur upacara oleh Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery.
     Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di lapangan apel Pemda halut ,turut dihadiri, Bupati Halut Ir.Frans Manery, wakil bupati halut, Muchlis Tapitapi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Halut Yulius Dagilaha, sekertaris Daerah Halut Fredy Tjandua, dan Forkompimda Halut.
  Dalam sambutannya, Bupati Halut Ir, Frans Manery, menyampaikan, "Pancasila disamping telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara yang utuh pancasila juga telah memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik dalam masyarakat indonesia.  Peran pancasila sebagai ideologi negara tidak hanya menjadi landasan falsafah bangsa tapi lebih dari itu setiap butir pancasilla merupakan perwujudan yang nyata dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika", saat ini radikalisme telah berkembang dengan pesat dan menjadi momok serta isu berskala nasional dan internasional.
    Lanjutnya Frans menyampaikan "sebagai bagian dari NKRI  yang menjunjung tinggi nilai Bhinneka tunggal ika tentu menolak keras radikalisme dalam bentuk apapun yang notabene sangat jauh dari nilai kemanusiaan,agama,dan sosial yang berlaku di negeri ini,  dan salah satu tindakan radikalisme dan pemberontakan paling bersejarah jugalah yang menjadi cikal bakal lahirnya hari kesaktian pancasila yang sedang kita peringati ini yang dikenal dengan peristiwa G30S PKI".
    Dalam  sambutanya, Frans  juga mengatakan,  mengatakan,"Kita semua tentu ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukan karakter dan jati dirinya tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan untuk berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain sekaligus mampu mengaktualisasikan nilai-nilai ideologi,yang kita yakini tersebut dengan perkembangan jaman sehingga pancasila menjadi sistem nilai yang hidup". "Selamat Hari kesaktian Pancasila bagi seluruh bangsa indonesia semoga Tuhan YME senantiasa meridhoi usaha kita dalam menjaga keutuhan dan kedamaian daerah yang sama-sama kita cintai ini dan mewujudkan masyarakat Halut yang adil dan makmur, ujarnya". (tim_Diskominfo)
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara