Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Satgas Penghapusan Pengguna Merkuri Gelar Sosialisas
Berita Dan Informasi | Rabu, 29 November 2017 - 10:24 | Dibaca 87 kali
 
 
Menindak lanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang rencana aksi nasional penghapusan penggunaan merkuri dalam pengolahan emas di wilayah hukum kabupaten Halmahera Utara, Kepolisian Daerah Maluku Utara menggandeng otoritas Pemerintah Daerah (OPD) Provinsi Maluku Utara diantaranya Dinas kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas perindustrian dan Perindagkop, dan dinas terkait lainnya membentuk tim satgas penghapusan penggunaan merkuri. Tim satgas yang dipimpin oleh AKBP Wardono langsung melakukan sosialisasi tentang penghapusan penggunaan merkuri di kabupaten Halmahera Utara. 
 
Bertempat di gedung pertemuan Mapolres Halut, Selasa pagi tadi (28/11) kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh wakapolres Halmahera Utara, kompol Ipnu Hadjar, perwakilan dari OPD terkait kabupaten Halmahera Utara, para Kapolsek sewilayah Halmahera Utara, para camat dan para kades sekabupaten Halmahera Utara, para pengrajin emas yang ada di wilayah Halmahera Utara. 
 
 
Ketua tim satgas penghapusan merkuri, AKBP Wardono dalam paparannya mengatakan, intinya tujuan dari sosialisasi ini, merupakan pemberian pemahaman kepada masyarakat lebih khusus pada pengrajin pengelolah emas akan bahaya dampak lingkungan dan kesehatan yang diakibatkan merkuri. 
 
 
Dari penyampaian materi dari masing-masing OPD terkait yang tergabung dalam tim ini, tentang pemahaman bahaya merkuri terhadap kesehatan maupun terhadap lingkungan sekitar dan penyampaian UU serta sanksi. Dengan demikian kepada pengrajin pengelolah emas, Wardono berharap diharapkan untuk tidak lagi menggunakan merkuri. 
 
Lanjut dia secara tegas dia mengatakan, apabila kedepatan ada kelompok ataupun perorangan pengrajin pengelolah emas yang  menggunakan bahan berbahaya ini. Maka sudah tentu akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. " Sampai saat ini tim satgas penghapusan penggunaan merkuri,  untuk wilayah Halmahera Utara dalam kasus pertambagan dan usaha-usaha perorangam atau kelompok belum mendapat sampel merkuri untuk proses kegiatan pertambangan saat ini,  sehingga masih di kategorikan aman. Namun apabila nantinya kedapatan, maka tim satgas,  tidak segan-segan memberikan sanksi hukum ", tegasnya(diskominfo)
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara