Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Kapolres Halmahera Utara Diminta tindak Oknum Polisi pelaku teror
Berita Dan Informasi | Jumat, 20 Oktober 2017 - 06:03 | Dibaca 80 kali

Puluhan Petani siang tadi (19/10/17) berunjuk rasa didepan Markas Kepolisian (polres) Halmahera Utara. mereka menuntut Kepala Kepolisian Resort Halmahera Utara agar segera menindak tegas oknum polisi yang sengaja melakukan teror kepada para patani yang lahannya berada di sekitar areal milik PT. KSO Capitol Casagro. 

Dalam aksinya juga para petani mendesak, Kapolres Halmahera Utara agar menarik keseluruhan personel yang ditugaskan untuk mengawal operasional PT. KSO Capitol Casagro dan memproses atas kesemena-mena oknun aparat keamanan, karena telah melakukan intimidasi terhadap petani dan cenderung memihak ke perusahaan yang beroperasi secara cacat hukum. 

Pengunjuk rasa itu, ditemui Wakapolres Halmahera Utara Ibnu Hadjar di gedung Amarta Polres setempat yang wakili 10 pengunjuk rasa. dalam pertemuan tersebut, Safrudi Djafar koordinator lapangan( Korlap) kepada wakapolres meminta  agar kapolres segera memberikan sanksi hukum kepada oknum dari pihak kepolisian yang dengan jelas telah melakukan teror terhadap petani galela dengan dalih mengamankan situasi, "oknum-oknum aparat tersebut justru membangun keberpihakan terhadap perusahan PT. KSO capitol casagro dan secara masif telah mengintimidasi para petani terus-menerus, kehadiran mereka di lahan sengketa dengan membawa senjata secara jelas memicu provokasi yang tidak perlu terhadap petani yang berkebun di kebun mereka.

Menanggapi soal itu Wakapolres Halmahera Utara Kompol. S Ibnu Hadjar, kepada perwakilan pengunjuk rasa menyampaikan, "Satuan intelijen polres akan mengecek keberan dari tuntutan yang di sampaikan oleh masyarakat Pentani galela , dan apabila ada terjadi atau kedapatan kesalahan yang di lakukan oknum tersebut maka pihak Kepolisian Halut akan memberikan  tindak tegas kepada oknum yang bersangkutan",Jelasnya.

Usai melakukan orasi di depan Markas Kepolisian halmahera Utara, massa yang terdiri dari para petani Kec. Galela menuju gedung rakyat (DPRD) di depan gedung itu para pengunjuk rasa mengecam keterlibatan para politisi lokal yang ikut barmain tangan atas penderitaan rakyat kususnya masyrakat Galela namun aksi tersebut tidak berlangsung lama pasalnya para wakil rakyat tidak berada di tempat. sebelumnya aksi yang sama juga telah di lakukan oleh para petani namun sampai saat ini tuntutan mereka belum juga terpenuhi.  

Mereka mengecam apabila tuntutan ini tidak diindahkan,  maka serikat petani galela akan melangsungkan aksi unjuk rasa secara besar-besaran dengan menduduki kantor Gubernur Maluku utara di sofifi dan akan mengadukan semua persoalan ini dalam kasus pelanggaran HAM dan penindasan sepihak kepada Komnas HAM dan  LBH nasional yang concern pada masalah hak-hal asasi dan perlindungan terhadap masyarakat kecil. (tim@diskominfo)

 
 
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara