Selamat Datang di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
Upacara peringatan Hari Ibu ke 89 2017
Berita Dan Informasi | Jumat, 22 Desember 2017 - 12:59 | Dibaca 257 kali
 
Untuk memperingati hari ibu Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Desember biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan para ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.
Di Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara, perayaan hari Ibu di lakukan dengan mengadakan upacara. 
 
Upacara peringatan di gelar oleh Komando Distrik Militer (Kodim)1508/Tobelo di Lapangan Upacara Kodim 1508/Tbl, jln. kawasan pemerintahan MKCM. Peringatan hari ibu ke 89 thn ini bertemekan "Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya. Dengan sub tema "Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtra dan bebas dari kekerasan serta peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Kehidupan Keluarga, Kehidupan  bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya)". 
 
 
Selaku inspektur upacara  (Irup) Letkol Arh Herwin Budi Saputra Dandim 1508/Tbl. 
Upacara peringatan hari ibu Nasional ditandai dengan pembacaan urain singkat hari ibu dimana pada zaman kemerdekaan Republik Indonesia,  perempuan berperan penting  ikut beeperan dalam membela Negara yaitu dengan membentuk organisasi (ormas). hingga pada Tahun 1938 kongres perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu selanjutnya di kukuhkan oleh Pemerintah dengan keputusan Presiden Nomor 361 Tahun 1959 tentang hari-hari Nasional yang bukan hari libur tertanggal 16 Desember 1969 yang menetapkan bahwa hari ibu tanggal 22 Desember merupakan hari Nasional. 
 
Sambutan Yohana Yembesi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada upacara Bendera memperingati Hari Ibu ke-89 Tahun 2017, yang di bacakan oleh Damdim 1508/Tbl Letkol Arh Herwin Budi Saputra mengatakan, Peringatan Hari Ibu setiap Tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan seamangat Persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana pada dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di yogyakarta. Peristiwa ini Menurut Mentri. sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan di luar negeri. 
 
Erwin juga menambahkan. Arti penting lainnya dari PHI adalah upaya untuk mewariskan nalai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia,terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan, dengan dilandasibsemangat persatuan dan kesatuan.
 
Selain itu, perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan negara serta memperjuangkan kesejahteraan di segala lini seperti pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan hukum.
Pada kesempatan PHI ke-89 ini, kami juga ingin menyampaikan bahwa pelibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga dalam pembangunan, juga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa sebagai contoh, maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah-masalah sosial yang
terjadi di masyarakat seperti kekerasan termasuk tindak pidana perdagangan orang (TPPO), Pornogtafi, Infeksi Menular seksual dan HIV-AIDD, Narkoba kriminalitas dan lainnya yang disebabkan karena runtuhnya pondasi ketahan dalam keluarga.
Turut hadir dalam Upacara tersebut, Kasdim 1508/Tbl Mayor Inf Robi Manuel, S. Sos,  para Danramil jajaran Dim 1508/Tbl, para Perwira Staf Dim 1508/Tbl,  1 SSR personel Unit Intel Dim 1508/Tbl, 3 SST gabungan personel Dim 1508/Tbl  dan personel Ramil jajaran Dim 1508/Tbl. 
(diskominfo)
 
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara