Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
54 Desa di 13 Kecamatan Se-Halut, Siap Laksanakan Pilkades
Berita Dan Informasi | Rabu, 22 September 2021 - 15:47 | Dibaca 452 kali

 Kominfosandi Halut - Pemilihan Kepala Desa tahun 2021, siap digelar. Dan tahapan penyelenggaraan Pilkades ini mulai dipersiapkan. Hari ini (21/9) oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan desa melaksanakan Bimbingan teknis kepada 270 orang yang terdiri dari kepala desa, ketua BPD dan Panitia Pilkades tingkat desa, di pertemuan pantai bowens.

 
Bimbingan teknis pemilihan kepala desa periode 2021-2027 di kabupaten Halmahera utara. Di buka secara resmi oleh Asisten II Thalip Pono, mewakili Bupati.
 
Kepala Dinas PMD, Wenas Rompis dalam laporannya menyampaikan Pilkades di 54 desa di 13 kecamatan Se-kabupaten Halut. Jumlah DPT sesuai dengan Pilgub tahun 2020 pada 54 desa yaitu 33250 orang, dan jumlah DPT ini akan bertambah sesuai dengan kondisi yang ada di desa. 
 
Lanjutnya rencana jumlah TPS ada 94 TPS di sesuaikan dengan jumlah DPT dan 1 TPS hanya 500 pemilih. 
Pembentukan panitia Pilkades tingkat desa di lakukan oleh BPD dan pembentukannya sudah di lakukan dari bulan Juli sampai pada Agustus 2021. Serta Rapat koordinasi dengan 13 camat di lakukan pada tangal 13 Agustus 2021, katanya menerangkan.
 
Sedangkan Assisten II, menyampaikan tujuan dari pelaksanaan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi panitia pemilihan sebagai penyelenggara.  
 
Proses atau tahapan pemilihan kepala desa, perlu penguatan kapasitas berupa kemampuan individu dalam pelaksanaan proses pilkades nanti. 
 
Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 merupakan praktik Demokrasi di daerah pedesaan yang merupakan aspek legitimasi kekuasaan sehinggah di butuhkan partisipasi dari masyarakat untuk menentukan pimpinan desa 6 tahun ke depan. 
"Mari saya mengajak kita semua untuk sama2 bisa mengawal proses pemilihan kepala desa, yang akan di laksanakan secara serentak pada waktu mendatang ini agar semua bisa berjalan dengan sukses dan lancar," ajaknya. (*)
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara
Jl. Kawasan Pemerintahan No.1A Tobelo