Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara | halmaherautarakab.go.id
RSUD Tobelo Terima Penghargaan Sebagai RS Terbaik, Berkomitmen Dalam Melaksanakan Program JKN-KIS Se Provinsi Maluku Utara
Berita Dan Informasi | Kamis, 09 September 2021 - 11:48 | Dibaca 222 kali

 Kominfosandi Halut – Sukses melaksanakan  Program JKN-KIS serta memberikan pelayanan yang berkualitas, RSUD Tobelo, sebagai RS tipe C terima Penghargaan (9/9).

 
Bertempat di ruang Fredy Tjandua , BPJS Kesehatan Cabang Ternate Provinsi Maluku Utara memberikan penghargaan kepada Pemda Halut dalam hal ini, RSUD Tobelo sebagai rumah sakit tipe C, terbaik yang berkomitmen dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS) Se-Provinsi Maluku Utara.
 
Piagam Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Halut, Ir Frans Manery di dampingi Sekretaris Daerah Drs E J Papilaya MTP bersama Direktur RSUD Tobelo.
 
Kepala Cabang BPJS Ternate apt. Rinaldi Wibisono S.Farm mengapresiasi Pemda Halut yang telah mendukung serta memberikan kontribusi dalam Program Pemerintah terkait kepesertaan JKN-KIS khususnya untuk pemberian bantuan iuran kepada masyarakat tidak mampu dalam hal terkait penjaminan kesehatan.
 
" Program jaminan kesehatan JKN-KIS adalah salah satu program esensial bagi Pemerintah Pusat yang masuk dalam RPJMN yang targetnya setiap Provinisi, Kabupaten/kota bisa mencapai universal coverage tahun 2024", ucapnya.
 
Ia  berharap Pemda melalui Dinas Sosial mengupayakan masyarakat yang benar benar masuk dalam kategori kurang mampu untuk di usulkan ke Kementrian Sosial sebagai peserta BPIJK .
 
"Mudah-mudahan dengan pengawalan Bupati bersama dinas terkait, bisa secepatnya disetujui oleh Kementrian Sosial hingga jumlah kepesertaan bisa tercapai secara maksimal seperti tahun tahun sebelumnya", kata Rinaldi.
 
Dengan adanya penghargaan ini, kiranya dapat meningkatkan pelayanan jaminan kesehatan kepada seluruh  masyarakat  dan tidak ada diskriminasi baik pengguna JKN-KIS maupun masyarakat  umum. Selain itu, ia memuji fasilitas paripurna RSUD Tobelo, dinilainya yang terbaik di provinsi Maluku Utara untuk  tipe C.
 
Baik itu penggunaan teknologi  mutakhir untuk memberikan pelayanan paripurna, tersedia sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta membackup pelayanan bagi masyarakat yang berasal kabupaten Morotai, Halbar, Haltim, maka dengan ini kami sangat mendukung jika RSUD Tobelo akan meningkatkan tipe rumah sakit menjadi tipe B sehingga secara paripurna masyarakat dapat merasakan pelayanan berkualitas", ungkapnya.
 
Sementara Bupati Halmahera Utara, Ir Frans Manery dalam sambutanya mengharapkan kerjasama terus dibangun sehingga dalam fungsi pelayanan selaku Pemerintah tidak ada yang di rugikan.
 
Lebih lanjut Bupati menjelaskan,  saat ini masyarakat Halut yang masuk dalam daftar BPJS masih berkisar 20 ribuan, tahun kemarin data yang kami miliki sebanyak 76 ribu peserta BPJS Kesehatan, namun telah dihentikan karena terkait data dari dinas teknis yang tidak valid.
 
"Terkait permasalahan data yang tidak valid, kami sementara membenahi agar menyasar pada masyarakat yang seharusnya menerima program jaminan kesehatan", kata bupati.
Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Ternate, yang sudah memberikan penghargan kepada RSUD Tobelo. Hingga dapat memacu untuk terus meningkatkan pelayanannya.
 
"Di perode kedua, kami berupaya agar dalam masa pemerintahan ini RSUD Tobelo akan menjadi RS terbaik di Provinsi Maluku Utara", ucap Bupati.
Media Sosial
Follow us on Twitter
Become our friend on FB
Chat with us
BOOKMARK & SHARE

Alamat Kantor
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara
Jl. Kawasan Pemerintahan No.1A Tobelo